Tue. Oct 26th, 2021

Upaya Kesehatan yang Dilakukan oleh Puskesmas

3 min read

Upaya Kesehatan yang Dilakukan oleh Puskesmas – Puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang keberadaannya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mengupayakan kesehatan pada tingkat pertama. Upaya kesehatan yang dilakukan oleh pusat kesehatan tersebut dilakukan secara preventif dan promotif sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat dicapai setinggi-tingginya. Langkah atau upaya kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas terfokus pada pemberikan pelayanan masyarakat secara luas tanpa mengabaikan kualitas pelayanan kesehatan perorangan. Pusat kesehatan masyarakat akan dipimpin oleh seorang kepala. Kepala Puskesmas harus memiliki tanggung jawab terhadap Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota.

Globaltolerance – Prinsip penyelenggaraan Puskesmas meliputi enam hal, salah satunya adalah paradigma yang sehat. Yang dimaksud dengan paradigma sehat adalah pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas akan memberikan dorongan kepada seluruh pemangku kesehatan guna berkomitmen dalam mengurangi dan mencegah resiko kesehatan individu, kelompok, keluarga dan masyarakat. Selain paradigma sehat, berikut ini yang menjadi prinsip penyelenggaraan Puskesmas:

1. Pertanggungjawaban wilayah
Puskesmas bertanggung jawab dan menggerakkan pembangunan wilayah yang ada di wilayah kerjanya.

2. Kemandirian masyarakat
Puskesmas akan mendorong kemandirian individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk hidup sehat.

3. Pemerataan
Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas dapat dijangkau atau diakses dengan mudah oleh masyarakat. Pelayanan dilakukan dengan adil tanpa membeda-bedakan agama, status sosial, kepercayaan, budaya dan status ekonomi.

4. Teknologi tepat guna
Pelayanan kesehatan Puskesmas memanfaatkan teknologi tertentu yang sesuai dengan pelayanan tertentu. Teknologi tersebut tidak hanya dapat dengan mudah dimanfaatkan melainkan juga tidak memberikan efek negatif bagi lingkungan sekitar.

5. Keterpaduan dan kesinambungan
Puskesmas akan mengkoordinasikan dan menintegrasikan penyelenggaraan UKP dan UKM lintas sektor dan lintas program serta dapat melaksanakan sistem rujukan. Sistem tersebut harus mendapatkan dukungan manajemen Puskesmas.

Keberadaan Puskesmas sendiri tidak tanpa alasan. Secara garis besar, Puskesmas bertujuan untuk membangun kesehatan demi mewujudkan masyarakat yang dapat hidup di dalam lingkungan sehat, dapat menerima kesehatan yang berkualitas, memiliki perilaku sehat akan kesadaran dan keinginan untuk hidup sehat serta mendapatkan tingkat kesehatan yang baik. Tingkat kesehatan tersebut tidak hanya berlaku bagi individu saja melainkan bagi kelompok, keluarga dan masyarakat. Puskesmas akan memberikan pelayanan yang perventif, kuratif dan promotif melalui UKP atau upaya kesehatan perorangan dan UKM atau upaya kesehatan masyarakat. Pusat kesehatan ini tidak hanya melayani pelayanan rawat jalan saja tetapi juga dapat memberikan pelayanan rawat inap. Untuk memberikan pelayanan tersebut, Puskesmas telah mendapatkan persetujuan dari dinas kesehatan di wilayahnya. Puskesmas juga memiliki sub unit pelayanan yang terdiri dari puskesmas pembantu, posyandu, puskesmas keliling dan polindes.

Baca juga : Pusat Kesehatan Informasi untuk Ibu dan Anak

Upaya Kesehatan yang Dilakukan oleh Puskesmas

Puskesmas berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Dalam melakukan pelayanan, Puskesmas juga wajib untuk melaksanakan SP2TP. Pelayanan yang dicatat pada SP2TP terdiri dari beberapa jenis upaya kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas setiap bulannya. Upaya kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas terbagi menjadi 2 jenis, yakni:

1.UKM atau Upaya Kesehatan Masyarakat yang meliputi:

a.Kesehatan masyarakat esensial terdiri dari pengendalian penyakit, pelayanan promosi kesehatan, kesehatan ibu anak, kesehatan lingkungan dan pelayanan keluarga berencana.
b. Upaya kesehatan yang disesuaikan berdasarkan prioritas masalah dan sumber daya Puskesmas

2. UKP atau Upaya Kesehatan Perorangan yang meliputi:

a.  Pelayanan satu hari
b. Rawat jalan
c. Homecare
d. Pelayanan gawat darurat
e. Rawat inap yang didasari oleh pertimbangan kebutuhan akan pelayanan kesehatan.