Sat. Sep 18th, 2021

Pusat Kesehatan Informasi untuk Ibu dan Anak

3 min read
Pusat Kesehatan Informasi untuk Ibu dan Anak

Pusat Kesehatan Informasi untuk Ibu dan Anak – Posyandu merupakan pusat kesehatan informasi untuk ibu dan anak yang telah dikenal lama oleh masyarakat. Peran Posyandu diharapkan dapat memberikan informasi kesehatan yang lengkap sehingga dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat. Tujuan dari berdirinya Posyandu adalah menurunkan jumlah kematian bayi dan balita. Pusat kesehatan ini dikelola langsung oleh masyarakat.

Globaltolerance – Biasanya, anggota Posyandu terdiri dari kader masyarakat, anggota PKK dan tokoh masyarakat. Program kesehatan yang dilakukan oleh para kader masyarakat telah dibekali oleh pelatihan dan pendidikan dari Puskesmas. Puskesmas akan memberikan informasi mengenai pelayanan kesehatan dasar. Anggota Posyandu dipilih dari daerahnya sendiri yang terampil dan mampu melaksanakan kegiatan rutin pusat pelayanan terpadu ini. Posyandu juga menjadi tempat bagi masyarakat yang akan melakukan komunikasi ahli teknologi yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan masyarakat dan tempat pembinaan bagi para anggota Posyandu.

Pandangan masyarakat terhadap Posyandu masih sangat sempit. Mereka hanya menganggap bahwa Posyandu merupakan tempat untuk menimbang bayi dan balita saja. Padahal, Posyandu adalah pusat kesehatan masyarakat yang dapat melayani pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan tekanan darah tinggi, imunisasi, konsultasi kesehatan dan pemeriksaan kehamilan. Secara garis besar, Posyandu dapat dimanfaatkan sebagai tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Posyandu biasanya akan berusaha memberikan pelatihan dan informasi yang tepat sasaran guna meningkatkan peran masyarakat saat ini.

Kader berperan sebagai penggerak dan komunikator kegiatan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, kader Posyandu harus memiliki kemampuan yang baik dalam pemberikan informasi kesehatan kepada masyarakat sekitar. Tingginya partisipasi masyarakat terhadap Posyandu dapat dilihat dari tingginya jumlah partisipasi masyarakat untuk mengikuti beberapa program yang dijalankan oleh Posyandu. Berikut ini merupakan program-program yang disediakan oleh Posyandu:

a. Pemeriksaan ibu hamil
b. Konsultasi gizi
c. Penimbangan berat badan untuk bayi dan balitas
d. Imunisasi gratis
e. Kontrol kesehatan

Ada beberapa program Posyandu yang dilaksanakan secara rutin. Program tersebut terdiri dari pelayanan keluarga berencana, penanggulangan diare, perbaikan gizi dan imunisasi. Kesemua program tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perubahan sosial di tengah masyarakat. Perubahan sosial yang dimaksud adalah cara pandang masyarakat yang berubah terhadap kesehatan, pemantauan terhadap tumbuh kembang anak dan mendeteksi penyakit sejak dini. Perubahan pandangan masyarakat tersebut menunjukkan bahwa Posyandu dapat meningkatkan kesehatan di tengah masyarakat dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kualitas kesehatan anak yang semakin baik, program keluarga berencana yang diterapkan dengan baik, kontrol kesehatan yang baik dan angka kematian anak dan ibu yang menurun.

Tujuan pelayanan kesehatan Posyandu yang utama adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sosial. Yang termasuk ke ddalam kesejahteraan sosial adalah keadaan ekonomi, kesehatan, kualitas hidup dan kebahagiaan masyarakat. Yang menjadi harapan utama dari program kesehatan Posyandu adalah terbentuknya masyarakat yang hidup dengan sejahtera. Kehidupan sejahtera dapat dimulai pemenuhan kehidupan masyarakat yang layak. Sandang, pangan, pendidikan, rasa aman, kesempatan mendapatkan pekerjaan dan kesehatan yang terpenuhi merupakan tanda bahwa kehidupan sejahtera masyarakat dapat dibentuk dengan baik. Dengan peranan Posyandu yang sangat penting bagi masyarakat khususnya bagi ibu dan anak, Posyandu harus menjadi wadah informasi yang didukung oleh sistem informasi handal. Rangkaian kegiatan Posyandu harus menciptakan data yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan ibu dan proses perkembangan anak. Sistem informasi tersebut kelak bermanfaat bagi para kader untuk mengetahui situasi kesehatan anak dan ibu di wilayahnya.