Informasi Kesehatan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Hidung Mengelupas

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Hidung Mengelupas – Perawatan kulit sekarang ini cukup digandrungi oleh siapapun, baik kaum hawa maupun kaum adam agar kulit mereka tetap terhidrasi dengan baik. Namun, pernahkah kamu mengalami kulit hidung mengelupas dan kering?

Penyebab Kulit Hidung Mengelupas

Umumnya, kulit hidung dapat mengelupas saat hidung kering. Hidung yang kering bisa disebabkan oleh faktor fungsinya yaitu tempat keluar masuknya udara ke dalam tubuh. Bagian kulit atau selaput lendir di dalam hidung dapat mongering jika berada di lingkungan yang dingin dan kering.

Selain itu, kulit hidung mengelupas juga dapat disebabkan oleh faktor pencetus lainnya seperti:

1. Alergi atau Mengidap Penyakit Tertentu
Apabila kamu memiliki alergi terhadap sesuatu, sebaiknya hindarilah alergen atau pencetus alergi tersebut. Jangan sesekali mengonsumsi makanan yang membuat alergi atau mendekati sesuatu yang dapat menjadi pemicu alergi kambuh.

Pada kulit hidung yang kering dan mengelupas, hembusan udara dari hidung dapat mengiritasi kulit dan bisa menyebabkan pengelupasan. Umumnya, terjadi di bagian hidung, cuping hidung, hingga bibir yang pecah-pecah.

2. Radiasi UV
Radiasi UV bisa menyebabkan kulit permukaan yang terbuka seperti kulit yang terbakar. Hal ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk hidung. Yang paling fatal dan mengkhawatirkan adalah terjadinya kanker kulit.

Kanker kulit bisa saja terjadi pada siapapun. Kerusakan DNA yang terjadi membuat kulit-kulit kering mengelupas dan khususnya di bagian hidung. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, keadaan akan semakin parah.

3. Kondisi Kulit
Jika keadaan kulit kering, bersisik, hingga mengelupas terjadi dalam waktu yang lama atau intensitas yang sering, bisa saja itu merupakan suatu pertanda bahwa terdapat gangguan kesehatan pada diri kamu. Misalnya dermatitis seboroik atau rosacea.

4. Paparan Dari Lingkungan Sekitar
Kulit bagian luar hidung dapat mongering hingga mengelupas meskipun kondisinya sudah terhidrasi. Jadi, kamu bisa bayangkan dong jika hal ini terjadi di kulit jenis kering? Sudah pasti akan mengelupas dan membuat kamu tidak nyaman. Pengelupasan dan kondisi kulit hidung yang kering dapat disebabkan oleh paparan dari lingkungan.

5. Produk Kecantikan yang Digunakan
Terkadang, tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit kamu. Jadi, jika kulit kamu tidak menyerap produk kecantikan tersebut dengan benar, maka dapat menyebabkan kulit kering dan juga bersisik. Penumpukan kulit bersisik bisa berakhir pada pengelupasan kulit.

Pada akhirnya, produk kecantikan yang kamu gunakan hanya membuat kulit menjadi rusak. Maka dari itu, sebelum menggunakan suatu produk pastikan sesuai dengan tipe kulit kamu. Jika produk tersebut mengandung alcohol, besar kemungkinan akan memberikan efek samping berupa kulit kering.

Jika kamu sedang mengalami kulit kering dan mengelupas terutama di bagian ujung hidung, mungkin kamu memerlukan tips bagaimana cara mengatasi kulit hidung mengelupas. Kondisi seperti ini umum dialami oleh pemilik jenis kulit kering dan kombinasi.

Tidak perlu lama-lama, yuk simak bagaimana cara mengatasi kulit hidung yang kering dan mengelupas. Berikut ulasannya.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Hidung Mengelupas

Cara Mengatasi Kulit Hidung Kering dan Mengelupas

1. Hindari Penggunaan Skin Care yang Mengandung Alkohol
Seperti yang sudha disebutkan sebelumnya bahwa alkohol hanya akan membuat kulit menjadi lebih kering. Coba kamu periksa apakah sunscreen atau toner kamu mengandung alcohol. Jika iya, kamu dapat menggantinya dengan produk bebas alkohol.

2. Hindari Penggunaan Pembersih Wajah Antibakteri
Pembersih wajah antibakteri biasanya hanya akan membuat kulit menjadi lebih kering. Jadi, jika saat ini kamu sedang menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung antibakteri, sebaiknya dihentikan untuk sementara dan menggantinya dengan pembersih wajah yang tidak akan membuat wajahmu semakin kering.

Terdapat beberapa produk pembersih wajah yang akan tetap menjaga kelembapan wajah. Kamu dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung lidah buaya atau olive oil.

3. Hindari Membersihkan Wajah Dengan Air Hangat
Membersihkan wajah dengan air hangat dapat membuat kulit menjadi kering, lho. Jika hal ini kamu lakukan saat kulit hidung sedang kering dan mengelupas, maka akan semakin memperburuk kondisi kulit. Mulai ganti air dengan suhu normal saat membersihkan wajah.

4. Gunakan Pelembab Pada Hidung
Di dalam produk pelembab, terdapat kandungan yang dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan hidung seperti minyak almon, minyak zaitun, atau petroleum jelly. Gunakan secara rutin dengan mengoleskannya satu hingga dua kali sehari pada ujung hidung. Kamu juga dapat mengoleskannya menjelang tidur agar mendapat hasil yang maksimal.

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup
Hal yang sangat sederhana dan mungkin terdengar sepele yaitu minum air putih. Kulit yang kering bisa menjadi salah satu indikasi bahwa kadar kelembapan berkurang. Jadi, jangan sampai menunggu kondisi ini semakin parah. Yuk, rajin minum air putih minimal 1,5 atau 2 liter per hari.

6. Lakukan Eksfoliasi
Eksfoliasi memang bagus untuk mengangkat sel kulit mati. Tidak hanya untuk wajah saja, namun juga bagus digunakan ketika kulit ujung hidung sedang mengelupas. Kamu dapat menggunakan bahan apapun yang aman.
Eksfoliasi hidung dapat menggunakan campuran perasan lemon dengan gula pasir berwarna kecoklatan dan gosok pada ujung hidung selama kurang lebih tiga hingga lima menit.

7. Hindari Menarik Kulit Hidung yang Mengelupas
Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan buruk seperti menarik kulit yang kering dan mengelupas karena rasanya emmang sangat mengganggu. Namun, kebiasaan ini harus dihilangkan karena hanya akan menimbulkan luka di ujung hidung.

8. Tidak Menggaruk Kulit Saat Gatal
Kulit terasa gatal pasti akan langsung digaruk. Jika kulit hidung gatal, jangan pernah lakukan ini karena dapat membuat iritasi akibat luka yang ditimbulkan. Luka yang ada dapat menjadi sarang dan tempat tinggal bakteri, dan akhirnya akan berujung pada infeksi.

Jadi, itulah penyebab dan cara mengatasi kulit hidung mengelupas. Selamat mencoba!

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.